Jelang Hari Raya Imlek, Penumpang Kapal Roro ASDP Telaga Punggur Membludak

Jelang Hari Raya Imlek, Penumpang Kapal Roro ASDP Telaga Punggur Membludak
Kendaraan roda empat mengalami macet dari Pelabuhan Telaga punggur Batam, penyebrangan kapal roro hingga bundaran PLTU, akibat penumpang kapal roro terlihat melonjak signifikan menjelang hari Raya Imlek, di Telaga Punggur, Batam, Kepri, Kamis (8/2/2024). (Foto: Godbel Sirait/Penajurnal.id)

BATAM - Penajurnal.id
| Menjelang hari Raya Imlek, penumpang kapal roro terlihat melonjak signifikan. Pantauan media ini, disepanjang jalan Pattimura terlihat kendaraan roda empat mengalami macet dari Pelabuhan Telaga punggur Batam, penyebrangan kapal roro hingga bundaran PLTU, Kamis (8/2/2024).

Disepanjang jalan dari bundaran PLTU sampai pelabuhan roro terlihat petugas dari kepolisian satlantas sangat antusias untuk mengatur lalu lintas dimana agar tidak terjadi macet berkepanjangan.

Akibat macet yang berkepanjangan, di simpang pelabuhan roro terlihat ada beberapa institusi yang ikut mengatur lalu lintas baik dari Kepolisian, Polisi Militer (PM) dan Security Pelabuhan ASDP Telaga Punggur.

Disana petugas Kepolisian sangat tegas menghimbau agar masyarakat tidak memaksakan untuk keberangkatannya hari ini, dikarenakan mulai pukul 06.00 Wib, pelabuhan ASDP sudah dipenuhi kendaraan roda empat yang mayoritasnya bertujuan ke Tanjung Uban.

Untuk menghindari kemacetan dan penumpukan kendaraan di area pelabuhan ASDP, anggota Kepolisian dan pihak ASDP selalu berkordinasi, jika area parkir di dalam pelabuhan sudah memungkinkan untuk diisi kendaraan, disitulah pihak Sat Lantas membuka jalur agar kendaraan bisa masuk dan sesuai jumlah kendaraan yang di butuhkan di area pelabuhan.

Lihat juga: Sinergi lintas instasi Bea cukai batam berhasil gagalkan penyelundupan sabu sabu

Jelang Hari Raya Imlek, Penumpang Kapal Roro ASDP Telaga Punggur Membludak
Saat petugas dari Kepolisian, Polisi Militer (PM) dan Security Pelabuhan ASDP Telaga Punggur, melakukan penertiban, kendaraan roda empat mengalami macet dari Pelabuhan Telaga punggur Batam, penyebrangan kapal roro hingga bundaran PLTU, Kamis (8/2/2024). (Foto: Godbel Sirait/Penajurnal.id)

Kasat lantas polresta barelang Kompol. Cut Putri Amelia, melalui Kapos Lantas 903 Aibda Fitra Yanto mengatakan, saat ini pihaknya berusaha untuk menertibkan lalu lintas, supaya tidak terjadi macet berkepanjangan di sepanjang jalan.

"Kita dari Kepolisian beserta teman teman dari TNI dan Security dapat bersinergi untuk menertibkan kendaraan yang hendak bepergian khususnya yang bertujuan ke Tanjung Uban, anggota kita dari lantas sudah stanbay mulai dari jam 06 subuh. Sebab itu, kita jaga mulai subuh dan kita menjaga supaya lalu lintas dan area pelabuhan ASDP dapat kondusip," ucap Yanto di ASDP Telaga Punggur, Batam, Kamis (8/2/2024).

Dikatakannya, pihaknya tetap memberikan penjelasan kepada masyarakat bahwasanya di area pelabuhan itu kendaraan sudah penuh hingga ratusan unit mobil.

"Jadi, kita memberikan penjelasan kepada calon penumpang agar mereka dapat mengetahui kondisi di dalam pelabuhan," katanya.

Kita disini,tambah fitra,tidak ada pilih buluh jangnkan masyarakat yang hendak berangkat anggota kita sendiri pun kita larang masuk kedalam pelabuhan, agar masyarakat tidak berpikir negatip dengan keberangkatan,tutup fitra.

General Manager (GM) PT ASDP Telaga Punggur, Batam Nananana Sutisna, saat dikonfirmasi media ini lewat telepon genggamnya mengatakan, jika pihaknya akan melayani ke perangkat para penumpang yang sudah berada di pelabuhan hingga semuanya terangkut hari ini,

"Iya mas, lonjakan penumpang kini sangat signifikan mas. Untuk pelayanan pelayaran khususnya Tanjung Uban kita sudah menambah armada kapal satu mas, yang biasanya kapal kita beroperasi di hari biasa hanya empat unit, dan ini kita sudah nambah satu unit lagi menjadi lima unit kapal untuk melayani route Batam Tanjung Uban, kata Sutisna, Kamis (8/2/2024).

"Kita sudah belajar dari tahun tahun lalu, setiap menjelang hari besar itu penumpang pastinya bertambah ramai, maka dari pihak kita (ASDP) sudah mempersiapkan kapal tambahan," ucapnya.

Ia menyampaikan juga, untuk hari ini seluruh calon penumpang yang sudah berada di dalam kawasan pelabuhan semunya harus kita berangkatkan walaupun hingga malam hari.

"Kita tidak memakai waktu yang biasanya hingga pukul enam sore, kalau ini semuanya kita berangkatkan hingga kendaraan yang sudah berada di kawasan pelabuhan habis terangkut," ungkapnya.

Baca juga:
Supir lori angkutan expedisi dari luar daerah tidak dapat melanjutkan perjalanan ke tanjung pinang karena tak miliki dokumen manifest kapal
Unit Reskrim Polsek Nongsa Ungkap Pelaku Pencabulan Terhadap Anak di Bawah Umur
Pemberlakuan Registrasi IMEI yang Dibawa oleh Penumpang di Batam
Unit Reskrim Polsek Nongsa Berhasil Ungkap Pelaku Curanmor yang sempat viral

Penulis: Godbel Sirait
Editor: Manto

Share:  

No comments:

Post a Comment