Piala Asia 2023 Vietnam Vs Indonesia: Timnas Garuda Menang 1-0

Piala Asia 2023 Vietnam Vs Indonesia: Timnas Garuda Menang 1-0
Starting XI Timnas Indonesia vs irak di Grup D Piala Asia 2023 di Ahmed bin Ali Stadium, Senin (15/01/2024) malam WIB. (c) AP Photo/Hussein Sayed

Penajurnal.id | Timnas Indonesia meraih kemenangan penting atas Vietnam di Piala Asia 2023. Garuda menang tipis 1-0 dan menjaga asa lolos ke babak berikutnya.

Vietnam vs Indonesia tersaji di matchday kedua Grup D Piala Asia 2023 Qatar, di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat (19/1/2024) kemarin.

Indonesia tampil dominan di babak pertama dan unggul 1-0. Gol dicetak kapten tim, Asnawi Mangkualam, dari tendangan penalti.

Gol semata wayang Garuda dicetak oleh Asnawi Mangkualam pada menit ke-42 lewat titik putih.

Indonesia mendapatkan hadiah penalti setelah Rafael Struick ditarik bajunya hingga jatuh oleh Nguyen Thanh Binh di kotak terlarang.

Vietnam bermain dengan 10 pemain jelang babak kedua berakhir dengan kartu merah Le Thanh Long. Skor 1-0 untuk Indonesia menjadi hasil akhir pertandingan.

Kemenangan ini membawa Indonesia naik ke posisi tiga klasemen Grup D dengan 3 poin. Vietnam jeblos ke dasar klasemen tanpa poin.

Jalannya Pertandingan

Peluang pertama didapat Indonesia di menit satu. Bola sepakan on target Rafael Struick bisa ditepis kiper Vietnam, Nguyen Filip.

Kans kembali didapat Indonesia pada menit ketujuh. Kemelut di kotak penalti Vietnam diakhiri sepakan Struick yang meleset dari sasaran.

Vietnam balik mengancam di menit ke-21. Bola tembakan jarak jauh Nguyen Quang Hai melayang di atas mistar gawang.

Indonesia bermain menekan yang merepotkan para pemain Vietnam. Bola tendangan dari luar kotak penalti Sandy Walsh bisa ditangkap Filip.

Vietnam bikin kans di menit ke-31. Sundulan on target Nguyen Van Tung bisa diamankan kiper Indonesia, Ernando Ari.

Indonesia nyaris mencetak gol di menit ke-35. Bola tandukan tepat sasaran Walsh digagalkan Filip dengan tepisannya.

PENALTI! Indonesia mendapat hadiah 12 pas di menit ke-41. Rafael Struick ditarik jatuh Nguyen Thanh Binh di kotak terlarang.

GOL! Asnawi Mangkualam maju sebagai algojo Indonesia. Kapten Timnas Indonesia itu sukses memperdaya Filip dengan tembakan on targetnya dan membawa Garuda unggul 1-0.

Indonesia hampir menggandakan keunggulan di injury time. Bola tandukan Struick meluncur tipis di sebelah gawang Indonesia. Babak pertama tuntas 1-0 untuk Garuda.

3 Hal Besar yang Terjadi

Melihat hal ini, kemenangan ini membuka peluang Shin Tae Yong dan tim lolos ke babak 16 besar.

Tidak hanya itu kemenangan atas rival besar di Asia Tenggara ini juga menciptakan serangkaian hal baik bagi Asnawi secara individu, timnas Indonesia, Vietnam dan juga peringkat FIFA.

Asnawi sukses menuntaskan tendangan penalti pertama Timnas Indonesia di Piala Asia sepanjang delapan laga dalam partisipasinya sejak 1996.

Gol Asnawi juga mematahkan rekor tidak pernah menang di pertandingan kedua Piala Asia. Di Piala Asia yang diikuti, timnas Indonesia selalu takluk dari lawan-lawannya pada laga kedua.

Pada edisi 1996, Indonesia kalah 2-4 dari Korea Selatan. Pada edisi 2000, kalah 0-4 dari China, dan Garuda juga menelan kekalahan pada edisi 2004, kali ini dengan skor lebih besar 0-5. Terakhir pada 2007, timnas tumbang di tangan Arab Saudi dengan skor tipis 1-2.

Akhir Dominasi Vietnam yang menjadi Negara Pertama Tersingkir di Piala Asia 2023

Kemenangan ini mengakhiri dominasi Vietnam atas Indonesia sejak delapan tahun terakhir. Indonesia tidak pernah menang melawan tim berjuluk The Golden Star Warriors sejak 2016.

Kemenangan terakhir terjadi pada leg pertama Piala AFF 2016 yang berakhir dengan skor 2-1.

Enam pertemuan setelah itu berakhir dengan Garuda menahan Vietnam tiga kali imbang dengan tiga partai lainnya berujung kekalahan.

Ini juga menjadi kemenangan pertama Shin Tae Yong atas timnas senior Vietnam.

Kemenangan Indonesia juga menjadikan Vietnam negara pertama yang tersingkir di Piala Asia 2023 ini.

Tim besutan Philippe Troussier tersungkur di dasar klasemen tanpa poin dengan dua kekalahan. Dengan satu laga tersisa, mustahil bagi Nguyen Quang Hai dkk untuk mengejar poin tim teratas Grup D Irak (6 poin).

Sekalipun menang di laga terakhir, pasukan Troussier juga tidak bisa menggeser Jepang (3 poin) atau Indonesia (3 poin) karena kalah head to head.

Vietnam akan berada di dasar klasemen Grup D apapun hasil pada ronde ketiga laga.

Kemenangan atas Vietnam yang berada di peringkat 94 FIFA, membuat peringkat Timnas Indonesia melesat naik empat peringkat sekaligus.

Sebelum pertandingan Indonesia berada di peringkat 146 dengan poin 1064,01. Sekarang Indonesia ada di peringkat 142 FIFA, mengumpulkan poin sebanyak 1076,78.

Prestasi ini menjadi peringkat FIFA terbaik Indonesia dalam 12 tahun terakhir. Sejak tahun 2012, Indonesia lebih sering ada di kisaran peringkat 150-an.

Terakhir kali Indonesia menempati posisi di bawah peringkat 150-an pada 2011 lalu yaitu ranking 142.

Editor: Rusmanto

Share:  

No comments:

Post a Comment